Friday, August 28, 2015

Shooting untuk Program KIDNESIA Kompas-TV


Kamis, 13 Agustus 2015, selama 5 jam, aku bareng-bareng kru TV dari K-Vision Kompas TV menjelajah sekolah sampai ke rumahku untuk shooting profilku buat tayangan program KIDNESIA. Tayangnya sih belum tau kapan. Antri karena ada beberapa profil dari berbagai bidang. Tapi nanti akan dikasih tau sama Kak Fadli.

Kak Fadli, Kak Iman, dan Kak Leo (kru Kompas TV) datang ke sekolahku di SMA LABSCHOOL JAKARTA pukul 13.00. Setelah izin pihak sekolah dan ketemu wali kelasku, Bu Idah Aryani, kami mulai shooting dan wawancara. Karena hari itu ada kegiatan pemilihan Ketua Osis (pencoblosan dan penghitungan suara), jadi suasana sekolah rame banget. Aku ikut menggunakan hak suaraku dong, ikut nyoblos juga. :D

Setelah muter-muter, lokasi pertama buat shooting dipilih di ruang terbuka dengan meja berpayung. Narsum buat wawancara pertama adalah Bu Reni, guru Bahasa Indonesiaku. Beliau ditanya-tanya pendapatnya tentang dunia tulis menulis dan juga pendapatnya tentang aku. Makasih, Bu Reni.
Wawancara berikutnya dengan beberapa teman sekelasku. Ada Fabio, Ainul, Shafa, Zalfa, Afran, dan Ocal. Pertanyaannya sama. Aaah, thanks banget, Temans. 

Setelah itu wawancara dengan Wakil Kepala Sekolah SMA Labschool Jakarta bidang akademik, Pak Suparno. Lokasi shooting pun pindah ke ruangan Pak Ano. Pertanyaannya masih sama. Setelah wawancara dengan Pak Ano, kami ngobrol-ngobrol sebentar. Intinya, Pak Ano dan sekolah support banget sama semua kegiatanku. Alhamdulillah, makasih banyak ya, Pak
Abis itu shooting pindah ke kelasku di kelas X IPS-2. Kak Iman ngambil gambar suasana kelasku. Karena pada saat itu lagi jam istirahat, jadi susananya santai banget. Thanks lagi, Temans buat bantuannya

Kemudian lokasi shooting pindah lagi. Lokasi yang dipilih adalah tempat favoritku, yaitu LABS LIBRARY. Terus terang, aku cinta banget sama Labschool. Suasananya nyaman banget. Guru-guru, teman-teman, semuanya udah kayak keluarga. Persis sama tagline-nya: Labschool Rumah Keduaku. Tambah satu lagi yang bikin aku betah di Labschool, apalagi kalau bukan perpustakaannya. Oh ya, perpustakaan di SMP/SMA Labschool Jakarta ini alhamdulillah dinobatkan jadi perpustakaan sekolah modern dan terbaik di DKI Jakarta. Banyak banget koleksi bukunya. Udah gitu, banyak sudut-sudut baca dengan berbagai tampilan dan suasana. Ada Multimedia Room juga. Asyik banget kalo udah di perpustakaan.
Nah di perpus ini, aku bareng 5 teman sekelasku (Fatia, Gabby, Ainul, Firyal, dan Zafira) action deh. Kami nunjukin berbagai sudut Labs Library dan berakhir di tempat baca favorit. Kami memperlihatkan kegiatan kami kalau lagi di perpus, seperti milih-milih buku dan baca-baca. Trus, kami diskusi seru. Thanks sekali lagi, Temans.

Setelah dirasa cukup, shooting di sekolah pun diakhiri. Saat itu sekitar pukul 15.00. Sekolahku pulang pukul 15.30. Aku minta ijin pulang setengah jam lebih awal karena shooting dan wawancara akan dilanjutkan di rumahku. Alhamdulillah, sekolah mengijinkan banget.

Sampe rumah aku mandi dan sholat Ashar dulu. Trus siap shooting dan wawancara lagi deh. Dimulai dari depan rumahku, terus masuk ke dalam, ke PERPUSTAKAAN FADHILA. Kecil aja sih, nyatu sama ruang tamu dan ruang keluarga. Siapa aja boleh pinjam kok, asal dikembalikan dan tidak dirusak, biar yang lain bisa baca. Teman-teman sekolahku dan tetangga-tetanggaku juga suka pinjam buku-bukunya.
Nah, disini aku jelasin buku-buku apa aja yang aku koleksi. Aku juga diminta jelasin nama perpusku. Ada yang tau nggak ya, kenapa namanya Perpustakaan Fadhila?

Selanjutnya beralih ke lemari pialaku. Sebentar aja disitu. Aku diminta menjelaskan piala-piala dan penghargaan apa aja yang udah aku raih. Trus pindah ke kamarku. Di kamarku juga ada rak buku yang isinya buku-buku karyaku serta buku-buku baru yang mau dan sedang kubaca. Aku juga cerita tentang perjalanan menulisku di Penerbit MIZAN. Selain itu, aku juga bercerita tentang Komunitas Penulis Cilik dan Remaja Indonesia. Juga ARKI (Akademi Remaja Kreatif Indonesia), event yang akan berlangsung dalam waktu dekat ini yang merupakan kerjasama Penerbit Mizan dengan Kemendikbud.

Selanjutnya wawancara bareng mama dan nenekku (ibunya ayahku). Terakhir aku main piano dan closing di sofa ruang tamu. Hampir pukul 18.00, udah mau maghrib, Kak Fadli merasa cukup banyak materi untuk liputannya. Alhamdulillah, selesai deh.

Terima kasih buat Pak Fakhruddin, Kepala Sekolahku di SMA Labschool Jakarta yang udah ngijinin shooting di sekolah. Sehari sebelumnya mama ketemu Pak Fakhruddin buat minta ijin. Pak Fakhruddin support banget. Alhamdulillah.

Sekali lagi, makasih banyak buat Pak Ano, Bu Idah, Bu Reni, teman-teman sekelasku, staff Labs Library, staff TU, mamaku, nenekku, atokku, ayahku, Ibu Yani, Dek Gadis, Dek Ariq, Dek Arza, dan semua yang udah bantuin dan support aku. Makasih juga buat Kak Fadli, Kak Iman, dan Kak Leo dari Kompas TV. Special thanks to Kak Hamzah Reevi yang udah menjembatani ini semua. ^_^


Foto-foto lengkap ada di Facebook-ku:
https://www.facebook.com/muthia.fadhila/media_set?set=a.859767737451842&type=3


2 comments:

  1. Wahhh seru banget ya, kak!! Pengen jadi kayak Kak Thia! Cantik, pintar dan berprestasi tinggi!

    ReplyDelete