Saturday, November 16, 2013

5W + 1H: K-POP IDOLS - Who Is Next (WIN)

Tadinya, sih, ingin memulai 5W + 1H: K-POP IDOLS dari Infinite. Tapi pasti mainstream/?. Haha .... Jadi aku memulainya dari upcoming boy group yang kusuka, WINNER.


What: Apa itu Who Is Next (WIN)?

Who Is Next atau biasa disingkat WIN adalah sebuah survival show dari YG Entertainment. Pemenang dari survival show ini akan debut di YG Entertainment sebagai penerus BIGBANG dan 2NE1 dengan nama WINNER. Di WIN, trainee laki-laki YG Entertainment yang sudah menjadi trainee selama kurang lebih 2-3 tahun dibagi menjadi dua tim, yaitu: Tim A dan Tim B. Acara ini sukses membuatku menangis di hampir setiap episodenya. Ada 10 episode dan 1 episode tambahan. WINNER dipilih berdasarkan vote dari penonton.

Spoiler: Team A won!

Who: Siapa saja anggota Tim A dan Tim B?

Left-Right: Seungyoon, Mino, Jinwoo, Taehyun, Seunghoon

Tim A terdiri dari 5 orang trainee. Usia mereka rata-rata 20 tahun. Fans mereka menyebut dirinya sebagai Aces. Sudah melewati pergantian member selama 7 kali. Speciality: amazing self-composed songs. Haruskah aku menjabarkan satu-satu membernya? Haha XD
  1. Kang Seungyoon: leader, vocalist, composer, lyricist, guitarist, actor (kurang talented apaaa!? ;v;). Memperkenalkan dirinya sebagai "Team A's multi". Lahir di Busan, Korea Selatan tepat seminggu setelahku, tahun 1994. Sudah populer dan debut sebelum menjadi member Tim A. Jebolan Mnet's Superstar K2, survival show untuk menjadi k-idols dan menududuki posisi keempat. Debut sebagai aktor di MBC's High Kick 3 pada tahun 2011-2012. Composer lagu 'Smile Again', Aces' anthem. 4D boy, mempunyai kepribadian yang unik. 
  2. Song Minho (Mino): ex-leader, lyricist, composer, underground rapper, ex-member of a band named BoM, GDYB's lovechild. Ya, dia adalah pemimpin Tim A sebelum Seungyoon. Digantikan Seungyoon karena cedera dan tidak bisa memimpin tim saat itu. March 30th 1993. Dia terkenal sebagai underground rapper dan memiliki banyak teman rapper pula seperti Zico dan P.O dari Block B. Ternyata sebelum WIN, dia sudah pernah debut di sebuah band bernama BoM. Wajahnya yang mirip dengan dua seniornya, GDragon dan Taeyang (Young Bae) menghasilkan sebuah julukan untuknya yaitu GDYB's lovechild.
  3. Lee Seunghoon: dancer, rapper, lyricist, choreographer. Seunghoon juga salah satu jebolan dari survival show lain, K-pop Star. Membuatnya sudah dikenal publik sebelum WIN. Menjadi TOP 4 di acara audisi itu bersama labelmate-nya, Lee Hi yang sudah debut sebagai penyanyi solo. Lahir di Busan, Korea Selatan (BUSAN LAGI OAO Bingung, deh. Kenapa Busan selalu menghasilkan anak-anak berbakat.) tepat tiga hari sebelum ulang tahunku, tahun 1992. Dijuluki hip hop baby lion
  4. Kim Jinwoo: vocalist, oldest. Jinwoo adalah member tertua di Tim A. Lahir pada 26 September 1991. Sukses membuatku menangis di episode paling pertama WIN karena pertemuannya dengan ayahnya. Pernah melakukan kesalahan fatal yaitu lupa lirik saat menyanyikan lagu JYP (Park Jinyoung) di depan JYP-nya sendiri. 
  5. Nam Taehyun: vocalist, composer, maknae. Taehyun adalah member termuda (maknae) di Team A. Ia lahir pada 10 Mei 1994. Sepertinya member dengan fans terbanyak di Korea .... Berteman dengan ex-member T-ara, Lee Ahreum.
Lagu-lagu dan lirik-lirik yang dibuat Tim A itu nusuk ................... /kemudian hening/. Apalagi pas 'Officially Missing You'. Coba search aja :P Kini mereka sedang mempersiapkan debut mereka sebagai WINNER. Please give them some love!

Left-Right: B.I, Jinhwan, Yunhyeong, Bobby, Donghyuk, Junhwe

Tim B terdiri dari 6 member. Usianya rata-rata 17 tahun. Member tertuanya saja seumuran dengan member termuda Tim A. Speciality: team work. Fans mereka menyebut dirinya sebagai Bgolds atau Watermelons. Self-composed song mereka di final battle membuatku menangis setiap kali mendengarnya. Members:
  1. Kim Hanbin (B.I): leader, rapper, beatboxer, composer, lyricist. B.I adalah satu-satunya member Tim B yang lumayan populer di kalangan netizens karena pernah tampil pada lagu MC Mong, 'Indian Boy' saat dia berusia 14 tahun (WAJIB ditonton penampilannya karena keren ;v;). Lahir pada 22 Oktober 1996. Memperkenalkan dirinya sebagai "Charismatic leader". Dijuluki the next GDragon.
  2. Kim Jinhwan: oldest, vocalist. Lahir pada 7 Februari 1994. "The voice you want to hear at night". Tertua tapi terpendek pula pmsl. Sepertinya salah satu dari sekian fanboy After School's Uee. Sudah bersama B.I dan Bobby semenjak tiga tahun yang lalu sebelum member lain datang dan bergabung.
  3. Kim Jiwon (Bobby): rapper, composer, lyricist, mood-maker. Salah satu fangirl-nya adalah 2NE1's CL :P Berasal dari USA. Lahir pada 21 Desember 1995. Matanya sipit pake banget :(( Ibunya: "Kapan pulang ke USA?", Bobby: "Saat aku debut."
  4. Kim Donghyuk: vocalist, brain god, student council president. Dia adalah salah satu vokalis di Tim B. Lahir pada 3 Januari 1997. Dijuluki brain god karena berhasil menjawab banyak pertanyaan saat quiz. Merupakan student council president di sekolahnya. 
  5. Song Yunhyeong/Yoonhyung/Yunhyung/Yoonhyeong: vocalist. Ini anak namanya kalau di-romanization jadi banyak .... Padahal hangulnya 윤형. Lahir pada 8 Februari 1995. Lucu, imut, unyu, kiyut/? Menurut dia BIGBANG itu girl group.
  6. Koo/Goo Junhwe/Junhoe/Junhwae/Joonhwe/Joonhwae/Junhoi: vocalist, maknae. Nah, ini kasusnya sama kayak Yunhyeong. Namanya jadi banyak. Pusing? Sama. 31 Maret 1997. Suaranya di lagu 'Climax' menjadi klimaks nangisku kalau denger. Liriknya nyess dan suaranya itu, lho ... :(
Mereka memang kalah dalam voting terakhir dan debutnya akan ditunda. Tetapi Tim B dan Tim A sama-sama WINNER di hati fans mereka. YG, PLEASE DEBUT THEM ASAP! T^T

When: Kapan WIN ditayangkan?

WIN ditayangkan mulai pada 20 Agustus 2013 hingga 25 Oktober 2013. Tetapi syuting dilakukan mulai akhir Mei. Setiap hari Jum'at pukul 10 PM KST atau pukul 8 PM WIB.

Maka itu, setiap hari Jum'at pukul 10 PM KST dijadikan WIN day setelah WIN selesai. Setiap jam tayang WIN, para penggemar biasanya membuat trend di Twitter yang meminta YG untuk mendebutkan Tim B.

Saat episode terakhir, aku sedang mengikuti kegiatan INVITA sehingga tidak bisa menonton langsung. Tiba-tiba Eisya, temanku yang datang ke kamar memberi tahu kalau Tim A menang. Ah, rasanya ingin menangis ;v; Senang karena Tim A bisa debut dan sedih karena takut tidak bisa melihat Tim B "seperti ini" lagi.


Where: Dimana WIN ditayangkan?

Di channel Mnet. Karena di rumahku tidak ada saluran itu, aku menonton di internet. Itu pun kalau sudah ada english subs-nya. Hihihi ...

Sayang, episode 11 tidak ditayang di televisi. Tapi apa gunanya, aku juga harus menonton di internet. Hahaha XD

Why: Kenapa bisa tertarik menonton WIN?

Basically karena Kang Seungyoon. Aku pernah menontonnya di High Kick 3 dan dia lucu sekali. Tetapi aku menjadi tertarik pada kesebelas trainee yang akan debut itu. WIN memperlihatkan kehidupan trainee yang sesungguhnya. Para penonton bisa melihat dengan jelas bagaimana kehidupan mereka sehari-hari menjadi trainee.

Dan trainee YG itu bisa membuat lagu sendiri, tidak seperti agensi sebelah yang berprinsip bahwa "Kalau lagu buatanmu tidak sebagus expert composer, lebih baik fokus menjadi idol." /ups

How: Bagaimana kehidupan trainee seperti yang bisa dilihat di WIN?

Mereka berada di ruang latihan selama lebih dari 12 jam setiap harinya. Seperti yang dikemukakan B.I dan Bobby, makanan di sana tidak terlalu enak. Mereka hidup di dorm dan terpisah dari keluarga mereka. Ada monthly evaluation setiap bulannya untuk para trainee

Bagaimana? Adakah yang tertarik untuk menonton WIN setelah membaca postingan ini? :D Jangan lupa untuk persiapkan hati dan tisu karena menjadi trainee tidaklah mudah. Anyway, congratulations to Team A and we will wait for you, Team B!



-Thia-

No comments:

Post a Comment