Saturday, November 16, 2013

5W + 1H: K-POP IDOLS

Sudah lama ya, nggak posting cerita di sini ....

Tanggal 23-27 Oktober kemarin, aku mengikuti kegiatan Industry Visit dan Tafakur Alam atau INVITA yang diselenggarakan oleh sekolahku, SMP Labschool Jakarta. Tadinya berniat ingin menceritakan itu terlebih dahulu, tetapi ditunda saja dulu, ya. Karena bakal panjang XD

Nah, bisa dilihat dari judulnya aku ingin bercerita/? tentang apa. Mengupas/? tuntas k-pop idols yang kusuka dan kuidolakan.

What: Apa itu k-pop dan k-idols?

Mungkin beberapa dari kalian sudah tahu kalau aku adalah seorang k-popers atau penggemar musik Korean Pop. Dilihat dari postinganku sebelumnya, aku pernah menonton konser SMTOWN Live World Tour III in Jakarta tanggal 22 September 2012 dan konser Infinite, One Great Step in Jakarta pada 31 Agustus 2013 lalu.

Demam K-pop beberapa tahun terakhir ini mulai mewabah di Indonesia. Dengan personality yang beragam bisa menarik warga Indonesia, khususnya remaja-remaja masuk ke "dunia"nya. Aku pun adalah salah satu yang ikut tertarik, hihi ...

Dikutip dari Wikipedia, K-pop, kepanjangannya Korean Pop ("Musik Pop Korea"), adalah jenis musik populer yang berasal dari Korea Selatan. Banyak artis dan kelompok musik pop Korea sudah menembus batas dalam negeri dan populer di mancanegara. Kegandrungan akan musik K-Pop merupakan bagian yang tak terpisahkan daripada Demam Korea (Korean Wave) di berbagai negara.

K-idols adalah sebutan untuk idola k-pop.

Who: Siapa saja k-idols yang kusuka?

Aku sudah sering menjawab pertanyaan seperti ini di social media seperti Facebook dan Twitter. Tetapi akan lebih baik jika kutaruh semua di sini agar semua bisa mudah mengetahuinya ^^

Tentunya k-idols tidak hanya satu atau dua orang. Kini sudah ada ratusan k-idols yang berhasil memasuki dunia musik. Aku juga sebenarnya tidak terlalu tahu tentang semua idola-idola itu. Justru ini yang mau aku kemukakan. Siapa saja, sih, k-idols kesukaanku?

Dari ratusan k-idols, ada 4 grup yang berhasil menarik dan mengikat perhatianku hingga saat ini. Dua boy group dan dua girl group. Infinite, EXO, After School, dan KARA. Tapi (lagi-lagi) aku tertarik dengan dua upcoming boy group dan satu upcoming girl group dari YG Entertainment, serta satu upcoming girl group dari Woollim Entertainment. Upcoming? Ya, mereka belum debut dan masih menjalani training (biasa disebut trainee).

Infinite
EXO
After School
KARA
Woollim Entertainment's upcoming girl group
YG Entertainment's 2 upcoming boy group
YG Entertainment's upcoming girl group

When: Sejak kapan aku mulai masuk ke dalam dunia k-pop?

Belum terlalu lama, kelas 6 SD. 

Where: Dimana aku menyimpan barang-barang k-pop yang kupunya?

Sebagai k-popers (specifically Inspirit atau penggemar Infinite, Playgirlz atau penggemar After School, Kamilia atau penggemar KARA, dan penggemar EXO), aku juga memiliki beberapa merchandise, album, dan poster dari k-idols kesukaanku.

Total album yang kupunya sekarang masih bisa dihitung dengan jari, yaitu:
  • Super Junior - SPY (album pertama yang kubeli)
  • Girls' Generation - I Got A Boy (Sunny cover)
  • SHINee - Dream Girl: The Misconceptions of You
  • Infinite - New Challenge
  • EXO - XOXO (Korean Ver.)
  • EXO - XOXO Repackage (Korean Ver.)
  • After School - First Love
Dan dua photo essay; L's Bravo Viewtiful (Part 1 dan 2) yang dibuat oleh member Infinite, Myungsoo a.k.a L.

Sebagai Kamilia, aku harusnya memiliki minimal satu album KARA, tetapi belum ada kesempatan untuk beli. Lagipula mendukung idola tidak harus dengan membeli albumnya, kok! :)

OH IYA, pertanyaannya belum di jawab. Aku menyimpan semua barang ini di kamar, tepatnya di lemariku.

Why: Kenapa aku menyukai k-pop?

Entahlah ... mereka itu unik. Hampir semua k-idols pasti pernah menjalani masa-masa menjadi trainee dengan jangka waktu yang berbeda dan bisa membuat mereka seperti saat ini. Ada yang hanya sekitar tiga bulan, ada juga yang sampai tujuh tahun. Mereka hidup menjadi trainee, tidak tahu apa yang akan terjadi esok hari. Menanti hari itudimana mereka bisa berdiri di atas panggung untuk debuttiba. Mereka tetap mencari ilmu, sebagian saja. Banyak dari mereka yang lebih memilih untuk bertumpah darah di ruang latihan hanya untuk mengejar mimpi mereka. Kira-kira itulah yang membuatku tertarik untuk menyukai atau lebih tepatnya mengapresiasi kerja keras mereka selama ini. Tentunya itu juga membuatku termotivasi agar menjadi seperti mereka di bidangku sendiri.

How: Bagaimana aku bisa masuk ke dalam dunia k-pop?

Simple, waktu itu k-pop mulai mewabah di kalangan teman-teman kelas 6 SD-ku. Tidak hanya perempuan, laki-laki pun ada yang tahu. Aku akhirnya ikut tertarik untuk mendalaminya lebih lanjut.

Kurang lebih inilah 5W + 1H versiku untuk K-POP IDOLS. Selanjutnya aku akan membuat 5W + 1H tentang masing-masing k-idols yang kusuka. Hehehe .... Baru, deh, INVITA ^^


-Thia-

No comments:

Post a Comment